Saturday 23 March 2013


             
            Bagi pengguna internet, kata-kata seperti google.com, facebook.com, dan sebagai nya pasti sudah tak asing lagi. Kata-kata tersebut sering kali diketikan pada browser untuk menuju suatu halaman website tertentu. Nah, kata-kata itulah yang dikenal dengan sebutan domain. Dengan kata lain, domain adalah kata-kata atau bisa juga dengan kombinasi angka dan symbol yang berperan sebagai suatu alamat untuk menuju ke halaman website tertentu.

Domain merupakan sebuah system penamaan suatu alamat server dalam jaringan internet dengan kata-kata tertentu agar server-server tersebut mudah diakses oleh semua orang tanpa perlu menghapal alamat IP nya. Alamat IP ini merupakan alamat asli untuk mengakses sebuah file di sebuah server yang biasanya berbentuk sederetan angka yang cukup panjang dan tidak mudah di ingat. Dengan adanya system penamaan IP address dengan menggunakan domain ini, Para pengguna internet dapat lebih mudah mengingat alamat suatu file atau halaman web di server sehingga mempermudah pengaksesan halaman web atau file tersebut.
Berkaitan dengan domain, ada pula istilah yang disebut dengan Top Level Domain atau TLD. Top Level Domain merupakan akhiran-akhiran suatu domain . misal nya *.com(dot com), *.net, *.org, dan sebagai nya. Jika di computer ada berbagai macam file yang nama file nya diakhiri dengan kata-kata tertentu untuk mengidentifikasi jenis-file tersebut seperti *.docx (untuk file MS word), *.mp3(untuk file music), *.jpg (untuk file gambar), *.mp4(untuk file video), dan sebagainya. Nah, begitupun dengan domain yang menggunakan akhiran tertentu untuk mengidentifikasi jenis suatu website. akhiran itulah yang dinamakan TLD.
Ada 2 MacamTop level Domain, yaitu Generic Top Level Domain (TLD yang umum digunakan) dan Countries Code Top Level Domain(TLD khusus untuk setiap Negara).
1.       Generic TLD, diantaranya
*.com = commercial web
*.net = network web
*.org = organization web
*.info = information web
*.biz = business web
*.mobi = mobile web
*.tv = television web
*.edu =education web
2.       Countries Code TLD, diantaranya :
*.id = Indonesia
*.my = Malaysia
*.sg = Singapore
*.th = Thailand
*.kr = Korea
*.uk = United Kingdom
*.jp  = Japan
*.nl = netherland
            Seperti itulah sedikit penjelasan mengenai domain. Semoga bermanfaat.
            #salam terhangat dari Mr.DHI
           

0 comments:

Post a Comment