Saturday 2 March 2013

Cara membuat tabel di blog dengan mudah, Sesuai dengan Judulnya artikel ini akan membahas cara membuat tabel yang sangat mudah dan tentunya lebih cepat, membuat tabel dalam sebuah artikel untuk sebagian blogger pasti mengalami kesulitan, apalagi kalau belum paham betul mengenai kode HTML pasti mengalami kebingungan. Namun jika mau mencobanya dengan HTML bisa liahat postingan saya kemarin cara membuat tabel pada postingan blog DISINI

Sebenarnya bisa saja kita membuat tabel dengan mengcopy paste dokumen tabel yang sudah kita buat di Microsoft word atau Excel. tapi jika sobat blogger memiliki koneksi internet yang lelet, terkadang tidak bisa terpublikasi. Mengapa bisa tidak terpublikasi? Karena tabel atau dokumen yang langsung kita copy paste dari microsoft word / Excel tadi sebenarnya mengandung kode-kode rumit. Terkadang pula tabel yang sudah kita copas dari excel, ketika di masukkan ke posting blog tidak menjadi sebuah tabel yang diinginkan / tidak ada garisnya.

Cara ini sangat praktis tanpa bermain dengan Kode HTML, nah,,, jika sobat blogger belum begitu paham dengan kode html/css tabel, maka sobat blogger bisa ikuti cara berikut ini :

~~ Tutorial ~~

1. Buatlah terlebih dulu tabel artikel seperti biasanya di MS word/excel.

2. Blok/Highlight tabel yang sudah jadi tadi, kemudian copy.

3. Lalu Masuk ke http://tableizer.journalistopia.com/

4. Paste dokumen tabel tadi di dalam form kotak yang disediakan.

Paste your cells from Excel, Calc or other spreadsheet here:

 
cara membuat tabel di artikel blog dengan mudah


5. Jangan lupa mengatur ukuran huruf, jenis huruf dan warna header tabel di posting blog Seperti kolom merah pada gambar diatas.

6. Jika sudah selesai, lihat preview kodenya di bagian bawah, Klik Tableize it! maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :



7. Tunggu sebentar, maka Akan di dapat kode HTML untuk tabel yang siap dimasukkan ke dalam posting blog. (Seperti gambar diatas)

8. Langkah berikutnya adalah copy kode yang di dapat di form

9. Masuk ke pembuatan artikel, Silakan masukkan kata atau kalimat yang dikehendaki

Klik menu HTML di samping menu Compose.

Memasukkan kode yang sudah di copy tadi pada tempat yang dikehendaki

10. Kembali ke menu Compose untuk memasukkan kalimat atau kata-kata yang lainnya, seandainya tabel berada di tengah postingan.
Hasil finis Tableizer cara membuat tabel diblog Lihat pada tabel dibawah ini : 


NoTutorialKeterangan
1Cara Membuat tabel pada blogTablizer
2Cara Membuat tabel pada blogHTML
3cara Membuat tabel pada blogCSS

Catatan :
Jangan kaget jika pada postingan tidak ada garisnya atau border, namun jika sudah di publikasikan maka hasilnya seperti diatas.

Sekian dulu Cara Membuat Tabel di Blog dengan Mudah seperti diatas, sobat blogger silahkan membuat untuk dipraktekkan pada blog sobat. salam blogger dan selamat mencoba

Sumber:
http://www.super-gaptek.com/2012/12/cara-membuat-tabel-di-posting-blog.html
~ Good Luck ~

0 comments:

Post a Comment