Thursday 14 March 2013

Cara Mengatasi Komputer / Laptop Lambat - Komputer lambat loading tentunya ada beberapa sebab diantaranya virus. namun ada juga faktor lain yang menjadi penyebab komputer lambat. Memang kalau dilihat dari segi fasilitas, kenyamanan, serta ukurannya, notebook atau laptop sangat sesuai untuk mereka yang mempunyai kesibukan tinggi. juga tidak menutup kemungkinan resiko tinggi laptop lambat.

Semua jenis permasalahan pasti ada solusinya, agar laptop atau komputer tidak terkena kerusakan berat, harus diketahui beberapa penyebabnya agar lebih hati-hati. yang paling sering menyerang komputer menjadi lemot adalah virus. 

Penyebab Lambat Karena Virus

Virus Komputer dapat dikelompokkan berdasarkan jenis serangan terhadap komputer, dan dikategorikan sebagai berikut : Worm, Trojan, Backdoor, Spyware, Malware, Rootkit. Berikut ini tanda-tanda  komputer yang terserang / terinfeksi virus :
  1.     Komputer / Laptop Sering Hang.
  2.     Komputer / Laptop Menjadi Lambat.
  3.     Aplikasi tidak dapat dijalankan.
  4.     Muncul Aplikasi baru ketika startup komputer.
  5.     Komputer tidak dapat masuk ke Windows.
  6.     Browser terbuka dan membuka alamat website yang tidak jelas.

Untuk mencegah serangan virus tersebut, gunakanlah perangkat lunak seperti antivirus, Antivirus dapat mendeteksi dan menghapus virus komputer dan menghindari komputer dari serangan virus. Dan berikut ini cara untuk mencegah Virus masuk ke komputer anda :
  1.     Gunakanlah Antivirus, Pastikan Antivirus anda Update.
  2.     Jangan Membuka website yang mencurigakan.
  3.     Jangan Membuka attachment email dari pengirim yang tidak dikenal dan mencurigakan.
  4.     Scan USB Flashdisk anda setiap Flashdisk tersebut terpasang ke komputer / Laptop anda.

Maka perhatikan terus antivirus anda, dan update selalu antivirus anda agar komputer / notebook anda terhindar dari serangan virus

Penyebab Laptop Lambat Loading

Dengan banyaknya program yang terinstal didalam laptop dapat mengakibatkan timbulnya masalah yang tidak mengenakkan, yaitu kinerja laptop menjadi menurun. Beberapa sebab umum sebuah netbook menjadi lambat loading biasanya karena masalah dibawah ini:
  1.     Terlalu banyak program yang terinstal
  2.     Kapasitas RAM penuh, bahkan tidak mencukupi
  3.     Menumpuknya temporary file
  4.     Masalah anti virus yang tidak sesuai
  5.     Sistem file yang hilang
  6.     Koneksi internet yang lambat
  7.     Masalah hardware, overheat

Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab laptop lambat seperti yang disebutkan diatas, hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah apa saja langkah pencegahan atau penanganan untuk masalah tersebut.

Untuk mengatasi laptop cepat panas atau lambat loading, hal pertama yang harus diperhatikan adalah selalu memonitor kinerja dari laptop tersebut. Sering karena terlalu sibuk kita tidak memeperhatikan 'kesehatan' laptop kita.

Selalu kosongkan 'tempat sampah' agar tidak terlalu memakan space hardisk. Periksa kembali apa saja program yang telah terinstal didalam laptop, jika dirasa tidak diperlukan lagi, remove program yang menumpuk tersebut toh kita masih memiliki file instalernya.

Jika anda menggunakan program security atau anti virus, pilih anti virus yang benar-benar dapat bekerja smart dan jangan menginstal anti virus ganda. Hal ini tidak akan menolong, justru akan terjadi konflik sehingga kerja laptop menjadi berat.

Periksa juga semua aspek pada laptop mulai dari sistem file, temporary file, space memory, dan lain sebagainya. Hal penting lainnya yang tidak dapat diabaikan yaitu pada bagian hardware. Periksa kembali apapakah RAM yang terpasang saat ini sudah kompatible dengan kerja dari laptop anda? Kalau perlu lakukan upgrade RAM dan harddisk agar ruang penympanan lebih longgar. Perhatikan juga temperature laptop pada saat bekerja, jika diperlukan tambahkan cooling pad agar panas dapat terbuang dengan sempurna.

0 comments:

Post a Comment