Thursday 14 March 2013

Dampak Positif, Negatif Perkembangan Teknologi - Tentunya dengan berkembangnya teknologi kita menjadi makmur dan sangat memudahkan kita dalam kehidupan sekarang ini, sebab-akibat dari perkembangan teknologi tentunya memiliki nilai positif dan negatif , bisa dikatakan Dampak Positif, Negatif Perkembangan Teknologi bagi kehidupan atau peradaban manusia.


Dampak Perkembangan Teknologi

Sejak dahulu kala manusia telah menggunakan teknologi, ini karena manusia memiliki akal dan pikiran. Dengan akalnyalah yang membuat ia ingin keluar dari suatu masalah dan menginginkan hidup yang lebih baik, itulah sebabnya teknologi semakin berkembang tiap tahunnya.

Kemajuan teknologi ini memberikan perubahan yang sangat besar dalam kehidupan manusia atas kebudayaan dan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Seperti halnya di indonesia, perkembangan teknologi sudah sangat mempengaruhi kebudayaan masyarakatnya, tidak hanya di perkotaan bahkan di pedesaan. Dan pada akhirnya, segala informasi pun kini sangat mudah di akses masyarakat, baik itu informasi yang positif dan juga yang negatif.

    Dampak positif perkembangan teknologi :

Dengan semakin majunya perkembangan teknologi akan semakin memudahkan kita mendapatkan informasi dari internet. Tidak hanya itu, saat ini masyarakat semakin lebih mudah berinteraksi satu sama lain bukan hanya melalui telepon seluler tetapi juga lewat internet.

    Dampak negatif perkembangan teknologi :

Tak hanya berdampak positif, perkembangan teknologi pun memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat, diantaranya yaitu semakin banyaknya kasus penipuan lewat sms (termasuk yang mama minta pulsa, ckckc), pembobolan pin ATM, pembobolan akun facebook, dan masih banyak lagi. Yang pasti, secara perlahan perkembangan teknologi sudah mulai mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat dengan segala macam  brand image yang menjadi ciri khas mereka.

    Tips menyiasati perkembangan teknologi:

Media komputer yang saat ini telah merambah segala kalangan, memiliki kualitas atraktif yang mampu merespon segala jenis stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Saking atraktifnya, sehingga membuat si pengguna seakan2 menemukan dunianya sendiri dan memberikan rasa nyaman sehingga tidak mau lepas darinya. Hal ini berakibat buruk tentunya, apalagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

Ketergantungan akan teknologi dapat ditanggulangi dengan adanya bantuan dari lingkungan dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Jadi, orang-orang di sekitar pengguna addict itulah yang sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi ini. Ajaklah si pengguna untuk melakukan kegiatan lain yang lebih menarik seperti olah raga, travelling, bersosialisasi dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment